Paskah dan Tradisi Uniknya pada Finlandia, Selandia Baru, serta Polandia

Paskah dan Tradisi Uniknya pada Finlandia, Selandia Baru, serta Polandia

TABLOIDBINTANG. COM – Peringatan Kenaikan Isa Almasih atau kebangkitan Yesus Kristus oleh umat Kristiani yang disebut Paskah biasanya identik dengan telur atau kelinci Paskah.

Tapi di Indonesia, setidaknya di tiga daerah itu, Paskah dirayakan dengan kebiasaan berbeda. Flores Timur memiliki tradisi Semana Santa dengan dilakukan di Larantuka. Semana Santa dilakukan selama empat hari berturut-turut.

Di Nusa Tenggara Timur ada tradisi Kure dengan artinya berdoa sambil mengunjungi sanak-saudara beragama Katolik. Serta wilayah Kalimantan Tengah, paskah diwarnai dengan tradisi Memento Mori atau mengunjungi sajian keluarga di hari Paskah. Memento Mori berarti ingatlah akan kematian.

Tradisi perayaan di Indonesia sangat khidmat dengan ciri, pemujaan, kunjungan makam, dan berkumpul dengan sanak saudara.

Sementara di beberapa negara lain, Paskah dirayakan dengan cara istimewa. Yuk intip cara 3 negara ini merayakan Paskah dikutip dari SBS Australia.

Finlandia

Di Finlandia contohnya, di keadaan Sabtu dan Minggu Paskah paling tidak akan tersedia orang-orang berdandan sebagai penyihir. Tradisi ini secara besar berasal dari kebiasaan religius dan kaum pagan.

Anak-anak Finlandia mau berpakaian seperti penyihir dengan pakaian tua warna-warni & cat bintik-bintik di paras mereka untuk mengakui keyakinan Barat lama bahwa penyihir berkeliaran di waktu Paskah.

Tapi penyihir ini mencari permen tidak mantra Tanja Tuominen. Anak-anak kemudian berkeliling ke sendi tetangga, teman dan trah, membacakan berkat kecil & saling bertukar ranting willow. Di beberapa wilayah, suluh unggun dinyalakan untuk mengusir roh jahat. Mirip halloween ya.

Selandia Baru

Di Central Otago, Selandia Baru, Paskah dirayakan dengan memburu kelinci. Kelinci memang hewan yang lucu dan menggemaskan, tapi dalam wilayah ini jumlah kelinci sangat banyak dan menjelma hama pertanian. The Great Easter Bunny Hunt atau perburuan raya kelinci dalam hari Paskah sudah berlaku selama 26 tahun. Rancangan ini diselenggarakan oleh Alexandra Lions Club dengan menyatukan para penembak untuk menekan jumlah kelinci hingga kira-kira 10. 000 ekor setiap tahun.

Pemimpin Alexandra Lions Club, Eugene Ferreira, mengatakan The Guardian bahwa itu adalah jalan yang paling efektif buat mengontrol erosi tanah. Serta menurut Eugene, perburuan tersebut juga lebih baik dipadankan dengan penyemprotan racun yang akan membunuh semua hewan liar.

Polandia

Paskah juga jadi ajang mengungkapkan rasa cinta pada yang tersayang. Di Polandia, ungkapan rasa cinta ini dilakukan dengan menyiram kepala orang tercinta. Åšmigus Dyngus adalah tradisi Slavia barat, terkait dengan mitologi kuat dan dewi kesuburan Slavia kesuburan. Biasanya tradisi itu dilakukan pada hari Senin Paskah bersama anggota keluarga, teman atau pasangan. Lazimnya pria menyiram air dalam wanita pada Senin Paskah kemudian wanita membalas pada keesokan harinya.

Lucyna Zarkowska, seorang praktisi asuransi Polandia, berdomisili dalam Amerika Serikat, mengatakan perjamuan tersebut adalah cara dengan aneh dan menuntut untuk menunjukkan kasih sayang. Saat masih berada di Polandia, Zarkowska mengenang masa Paskah dimana bajunya selalu basah kuyup karena disiram tirta oleh teman-teman prianya.

loading…