4 Tanaman yang Bisa Dipilih untuk Mempercantik Balkon

4 Tanaman yang Bisa Dipilih untuk Mempercantik Balkon

4 Tanaman yang Bisa Dipilih untuk Mempercantik Balkon

bal adenium (ilmubudidaya. com)

TABLOIDBINTANG. COM –┬áDi hunian perkotaan serupa apartemen, orang biasanya memanfaatkan daerah balkon sebagai taman. Itu tidak masalah karena mereka memang tidak punya lahan atau tanah bertambah untuk dijadikan taman. Namun untuk membuat taman seperti itu, warga tentunya tidak bisa memilih tanaman sembarangan.

Pemilihan ini diperlukan karena ada beberapa flora yang tidak bisa tumbuh di pot atau media tanam lain selain tanah. Di sisi lain, area balkon apartemen juga biasanya tidak terlalu besar, sehingga memerlukan tanaman yang relatif kecil. Sebagai referensi, berikut ada beberapa flora yang cocok untuk melengkapi taman di area balkon.

Bougenville varigata
Tanaman ini dijuluki sebagai kembang kertas. Macam-macam warna dari kembang tanaman ini sangat indah, sehingga banyak yang memilihnya sebagai penghias halaman rumah, teras, hingga balkon apartemen. Tanaman ini tidak sejenis besar dan bisa ditanam pada pot, sehingga cocok untuk hunian perkotaan yang minim lahan.

Kamboja Jepang
Kamboja Jepang ataupun Adenium, merupakan sanak saudara dari Plumeria (kamboja kuburan). Perbedaan ke-2 jenis kamboja ini terletak pada batangnya. Adenium mempunyai bentuk batang yang lebih besar, dengan periode akar menyerupai umbi. Akan namun, daun tanaman ini lebih panjang dan kecil dibandung Plumera. Ini lah yang membuat Adenium cocok buat taman mungil di balkon minimalis.

Puring
Puring merupakan tanaman hias daun yang amat populer. Tanaman ini juga dikenal dengan tanda kroton. Dulu, puring sempat dianggap tidak berharga. Tapi sekarang, tanaman ini mempunyai nilai jual yang cukup tinggi. Tanaman ini makin banyak ditemukan pada perumahan-perumahan kaya. Maka dengan menempatkan tanaman tersebut di balkon, apartemen pun bisa terkesan mewah dari luar.

Bromeliad
Bromeliad atau bromelia memiliki berbagai macam jenis. Ciri tanaman itu adalah daunnya yang berbentuk semacam daun nanas dan tersusun teliti. Selain itu, panjang dan luas setiap daunnya itu berbeda. Namun umumnya, panjang dari daun bromelia ini selalu sejajar. Daun dengan bagian bawah akan terlihat panjang, dan makin ke atas daunnya akan semakin kecil. Keunikan inilah yang membuat bromeliad cocok ditanaman di balkon, terlebih ukurannya selalu tidak terlalu besar.

Untuk tanaman bunga, sejatinya hampir semua jenis bisa ditempatkan di balkon. Terpenting, perhatikan merata balkon! Ini untuk menghindari penggunaan tanaman yang memakan banyak tempat, sehingga fungsi balkon menjadi tak maksimal atau terkesan penuh. Pelihara dan pangkas tumbuhan secara rutin agar kerapian taman balkon lestari terjaga.

Rekomendasi